Kelebihan dan Kelemahan Affiliate Marketing!

Pada artikel sebelumnya saya sudah saya sudah membahas apa itu affiliate marketing.

Nah, berikut ini 12 kelebihan affiliate marketing dibandingkan dengan model bisnis lainnya!

1. Tidak perlu memproduksi barang dengan affiliate marketing, anda tidak perlu memproduksi barang karena barang disediakan oleh advertiser atau pemilik produk.

2. Biaya awal yang rendah, bahkan GRATIS dengan affiliate marketing anda bisa memulai bisnis tanpa perlu modal hanya dengan mendaftar pada affiliate networks  (gratis). Meskipun ada beberapa produk yang mewajibkan affiliate marketer membeli produk tersebut sebelum bisa melakukan promosi.

3. Produk tidak terbatas anda bisa menjual produk atau jasa apa saja yang ada di affiliate networks.

4. Tidak perlu Customer Services dengan affiliate marketing anda tidak perlu CS advertiser sudah mengurus itu semua. Anda hanya perlu mendatangkan traffic ke website advertiser.

5. Tidak perlu pengalaman dan gelar anda bisa menjadi affiliate marketer meskipun anda tidak memiliki pengalaman dalam menjual produk atau gelar sarjana. Meskipun ada beberapa affiliate networks yang memberikan syarat harus memiliki blog atau pengalaman online marketing

6. Tidak perlu stok barang bila anda menjadi reseller atau menjual barang orang lain biasanya anda harus membeli produk tersebut dengan harga murah untuk menjadi stok. Pada affiliate marketing itu tidak perlu dilakukan.

7. Tidak perlu melakukan pengiriman barang misalnya anda adalah affiliate marketer dari lazada, anda tidak perlu mengirimkan barang ke pembeli karena lazada yang akan melakukan itu.

8. Bisa menghasilkan uang saat anda tidur  dengan menjadi affiliate marketer anda bisa menghasilkan uang saat anda tidur atau melakukan aktivitas lain. Lihat contohnya  saya mendapatkan order produk afiliasi di yukbisnis.com saat sedang main Futsal.  

9. Tidak perlu ke kantor  dengan affiliate marketing anda bisa berkerja dimana saja yang anda inginkan yang penting ada koneksi internet.

10. Resiko kecil Biaya awal yang rendah bahkan gratis

11. Potensi penghasilan besar  dengan affiliate marketing anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar dengan modal awal yang relatif rendah

12. Tidak perlu kontrak anda bisa bekerjasama dengan perusahaan manapun tanpa perlu kontrak kerja

Setelah mengetahui kelebihanya, ini dia kelemahan affiliate marketing!

1. Anda Tidak Membangun Aset kebanyakan affiliate marketer tidak membangun aset mereka hanya mendatangkan traffic ke website advertiser sehingga hanya meningkatkan brand image dari advertiser (Pemilik Produk). Bila anda baru memulai affiliate marketing jangan lakukan kesalahan ini, pastikan anda membangun aset atau mengumpulkan database pelanggan anda.

2. Bergantung pada pihak lain advertiser bisa menghentikan program affiliasi kapan pun atau anda bisa dikeluarkan dari affiliate networks kapan saja. Solusinya jangan melakukan pelanggaran atau hal-hal yang tidak diizinkan oleh advertiser atau affiliate networks

3.  Penghasilan Tidak Menentu penghasilan anda sebagai affiliate marketer bisa dibilang seperti roller coaster bulan ini anda mungkin bisa menghasilkan puluhan juta per bulan tetapi bulan dengan anda bisa saja tidak menghasilkan komisi sama sekali. Anda bisa mengatasi hal ini dengan melakukan manajemen keuangan yang baik.

Itulah 12 kelebihan dan  3 kelemahan affiliate marketing yang perlu anda tahun sebelum menjalankan bisnis ini. Masih mau belajar affiliate marketing?  silakan baca artikel lainnya disini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *