Jangan Takut Memiliki Kartu Kredit Lebih Dari Satu, Ini 4 Manfaat ‘Tersembunyi’ Yang Bisa Kamu Ambil

Semua orang sudah tahu, memiliki beberapa kartu kredit berarti menanggung beberapa tagihan. Tentunya, itu adalah hal yang harus kamu waspadai kalau kamu berpikir untuk memiliki lebih dari satu kartu kredit.

Tapi bagaimana dengan keuntungannya?

Banyak manfaat memiliki kartu kredit lebih dari satu yang harus kamu tahu. Apalagi kalau manfaat tersebut bisa membuat hidupmu lebih nyaman dan aman.

1. Lebih Mudah Dipantau

Kalau kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit, kamu bisa pisahkan penggunaannya. Ada kartu yang khusus untuk belanja kebutuhan sehari-hari, elektronik, gadget dan seterusnya.

Nantinya kamu bisa lebih mudah memantau pengeluaranmu di setiap akun kartu kredit. Dengan begitu, kamu bisa lebih waspada bila ada kejadian yang tidak diinginkan menimpa kartu kreditmu.

Contoh, kalau kamu punya kartu kredit Bank Mega untuk kebutuhan primer seperti belanja makanan bulanan di supermarket. Satu lagi yakni Kartu Kredit HSBC yang khusus untuk  Traveling atau belanja barang-barang sekunder seperti gadget.

 Nah kalau tiba-tiba di tagihan kartu kredit Bank Mega-mu ada transaksi pembelian gadget terbaru, tentunya kamu akan bingung kan?

2. Beda Kartu, Beda Penggunaan

Masih berhubungan dengan poin diatas barusan, kamu bisa memisahkan kartu kreditmu berdasarkan keuntungan yang ditawarkan.

Kartu kredit selalu nawarin hadiah dalam periode tertentu. Kalau punya satu kartu, berarti ada satu hadiah. Kalau lima kartu? Hajar bleeh…. 

Kartu yang memiliki banyak benefit untuk penggunaan di pusat perbelanjaan bisa kamu gunakan untuk meraup point reward sebanyak-banyaknya. Begitu juga yang menawarkan point reward untuk pembelian gadget atau produk elektronik lainnya.

 Point rewards yang ditawarkan masing-masing kartu itu berbeda. Misalnya, kartu kredit HSBC dapat diskon untuk pembelian tiket Pesawat. Lalu kartu kredit Bank Mandiri dapat diskon di Trattoria.

3. Kartu Hilang? Santai Dong, Ada Cadangan.

Tentunya kamu harus bersiap untuk kejadian yang tidak terduga. Apa yang akan kamu lakukan seandainya salah satu dari kartu kreditmu hilang atau kecolongan?

Pertama-tama, pastinya sih kamu harus blokir dan amankan dulu. But anyways, kalau kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit, kamu bisa agak lebih tenang.

Jadi kalau kamu mau belanja kebutuhan bulanan, ya pakai yang Bank Mega. Terus kalau mau dinnr pakai kartu HSBC.

Hari gini masih bawa dompet isinya tebel? Gak zamannya lagi coy…biar dompet tipis, isinya kartu semua. Mau bayar, tinggal gesek.

Pasti ga enak kan kalau justru ada kejadian mendadak yang mengharuskan kamu untuk membayar sesuatu, tapi kartu kreditmu masih diproses? Nah, kalau kamu punya lebih dari satu kartu kredit, kamu bisa laporkan kartu kredit yang hilang tersebut.

Sembari menunggu kartu tersebut diurus, kamu bisa gunakan yang lain. Kamu ga perlu bengong kayak penebang pohon kehilangan kapak.

Sebelum kamu sadar, kamu sudah memiliki banyak point reward di setiap akun kartu kredit yang bisa kamu ambil karena penggunaan yang maksimal berdasarkan keuntungan yang ditawarkan. Enak, kan?

Dari setiap kartu kredit kita bisa dapat reward berbeda-beda. Misalnya semester ini ada reward berupa kamera Canon dari kartu kredit BII dengan total poin 2.500. Kalau kita mengincarnya, lebih baik berfokus gunakan kartu itu untuk transaksi sampai terkumpul 2.500 poin. Semester selanjutnya, lihat lagi hadiahnya.

4. Meningkatkan Skor Kredit

Poin yang satu ini sangat teramat menguntungkan. Tapi hanya bisa terwujud jika:

– Tagihan semua kartu kreditmu dibayar dengan lancar.

– Tidak ada utang lain yang menumpuk, baik di bank maupun lembaga keuangan non-bank.

Soalnya catatan kredit kita mempengaruhi keputusan bank, apakah akan mengabulkan permohonan pinjaman atau gak. Misalnya kita masih punya tunggakan tagihan kartu kredit tapi mau ambil KPR, pasti susahnya minta ampun.

Sebab bank bakal mikir, “Ni orang masih ada tunggakan, kok mau ngutang lagi. Bayar pakai apa?” Kalau kita gak ada tunggakan, skor kredit di Bank Indonesia bakal tinggi alias jauh dari daftar hitam (blacklist).

Artinya, kita dianggap sebagai nasabah yang potensial. Mau pinjam duit buat beli rumah atau modal usaha, pastinya lebih mudah daripada mereka yang masih punya tanggungan utang.

Daripada punya pacar banyak, mending punya banyak kartu kredit. Asal taat aturan dan gak kalap memakainya.

Gimana tuh keuntungan punya kartu kredit lebih dari satu? Pada dasarnya, berapa pun kartu kredit yang kamu miliki tidak akan ada masalah, selama kalau kamu bisa mengatur keuanganmu dengan tepat.

Tapi jangan lupa, tetap ada batasan yang harus kamu turuti dalam memiliki kartu kredit lebih dari satu. Menurut peraturan Bank Indonesia, masyarakat berpendapatan Rp 3-10 juta per bulan hanya boleh punya 2 kartu kredit dari penerbit berbeda. Sedangkan batas jumlah total plafonnya 3 kali pendapatan per bulan.

Kartu kredit prinsipnya diciptakan buat membantu masyarakat dalam bertransaksi. Tapi kalau gak hati-hati memanfaatkannya, bisa celaka tiga belas.

Kayak pisau dapur, yang diciptakan buat bantu ibu-ibu masak. Kalau ibu-ibunya masak sambil mainan hape atau nonton sinetron, bisa-bisa jari teriris pisau itu. Tentunya bukan salah pisaunya ya, kalau begitu kejadiannya.

Apply Kartu Kredih HSBC Sekarang, Diskon 25%-50% untuk makan di Banyak Restoran.