Oleh-oleh dari Bandung Digital MeetUp #5

12794375_1715793922041000_855834291102958611_n

Tanggal 5 Maret 2016 – Bandung Digital MeetUp #5 KUPAS TUNTAS TENTANG ADULT-DATING NICHE!. Pada acara ini ada 2 pembicara utama yang tentunya membahas adult niche yaitu Pak Rully Kustandar dan Pak Alfonsus Kusuma.

Rully Kustandar. Beliau menjelaskan tentang apa itu affiliate marketing dan apa saja yang di butuhkan oleh seorang affiliate marketer untuk bisa sukses pada bisnis ini. Ada 3 kunci suskes yang harus di kuasai untuk menjadi top affiliate marketer.

Pertama, Harus menguasai berbagai macam traffic source/sumber pengunjung website. Bila anda menguasai berbagi traffic source akan memudahkan anda untuk mempromosikan produk afiliasi atau offers CPA. Traffic source yang bagus harus memiliki inventori data demografi pengunjung yang datang melalui traffic source tersebut, memiliki fitur black list/white list untuk memblokir situs yang tidak menghasilkan konversi, Split campaigns devices/carrier.

Kedua, Belilah data dengan menggunakan tracking software (rekomendasi voluum). Tracking software bermanfaat untuk mendapatkan informasi lebih mengenai promosi produk afiliasi yang sedang anda jalankan. Anda bisa memanfaatkan data dari tracking software untuk melakukan optimasi pada promosi afiliasi yang sedang anda jalankan.

Ketiga,  Anda harus memiliki angle atau sudut pandang dalam mempromosikan sebuah produk afiliasi.

Contoh : anda ingin mempromosikan sebuah aplikasi “UC Browser“.

Apa angle  yang anda pilih  ?

Misalnya :

Anda bisa menggunakan angle “ingin download lebih cepat ? download UC browser sekarang! “. Pada angle ini, Anda mengajak orang untuk mendownload aplikasi dengan angel manfaat dari UC browser untuk download lebih cepat.

Anda juga mungkin pernah mengunjungi website tertentu, tetap saat ada ingin mendownload sebuah file ada peringatan yang muncul “Ada virus jahat pada ponsel anda, silakan download aplikasi UC browser untuk browsing dengan aman”

Nah pada acara meetup kemarin Pak Rully membocorkan angle nya tentang adult dalam mempromosikan UC browser.

Copy of https---www.flickr.com-photos-121949668@N08-with-15047712321-

Traffic Source : Facebook Ads

Iklan/Angle yang di gunakan : Sebuah artikel beserta gambar kamar bak mandi dan gayung “Anak laki-laki memasang CCTV di kamar mandi kost, lihat apa yang terjadi” artikel aslinya ada merdeka.com

Landing page : Sebuah halaman mirip facebook mobile ada judul, artikel singkat dan sebuah gambar yang dengan desain mirip video. Pada halaman tersebut juga di berikan social approve orang berkomentar, videonya bagus, videonya keren dll. Padahal di halaman tersebut tidak ada video, hanya membuat pengunjung website penasaran.

Internet positif : Ketika orang klik gambar video, orang tersebut di alihkan ke landing page yang mirip dengan internet positif. Pada halaman internet yang mirip dengan internet positif tersebut ada call to action. Maaf website yang ada akses mengandung konten dewasa, download UC browser untuk bisa mengakses situs ini 🙂

Ke halaman offers UC browser (Google play )  : Orang akan mendownload UC browser dan Pak Rully mendapatkan komisi.

Alur untuk angle ini : Facebook Ads – Landing page mirip facebook – landing page mirip internet positif – Google play.

12794366_1715794028707656_372810281603786006_n

Alfonsus Kusuma. Beliau banyak menjelaskan tentang fakta dan data mengenai industri P***o di Amerika dan bagaimana affiliate marketer bisa mengambil bagian dalam industri ini. Sebenarnya cukup banyak data yang di ungkapkan oleh Pak AK sehingga saya tidak sempat mencatat.

Secara keseluruhan acara ini bagus untuk menambah wawasan dalam dunia digital marketing atau online marketing.  Tulisan lain tentang acara ini, Catatan Kecil Dari Bandung Digital MeetUp #5 : An Emotional Story Behinds The Scene.

Sumber Gambar : Panitia Bandung Digital MeetUp #5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *