Apa itu affiliate Marketing ?

Apa itu Affiliate marketing, cara untuk menghasilkan uang dari internet meskipun anda tidak memiliki produk, uang dan tidak memiliki website.Apa itu affiliate marketing ?

Affiliate marketing adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari internet meskipun anda tidak memiliki produk, tidak memiliki modal uang dan tidak memiliki website. Enak kan ūüôā .

Namun, Anda harus memiliki skill untuk merekomendasikan suatu produk atau jasa kepada orang lain. Anda akan mendapatkan penghasilan dari komisi yang diberikan oleh affiliate network atau pemilik ¬†produk pada setiap produk. Bila produk yang anda promosikan tidak dibeli atau tidak digunakan oleh orang yang anda rekomendasikan, komisi anda nol ūüôā .

Darimana affiliate marketer mendapatkan uang ?

Pada affiliate marketing ada banyak jenis datangnya uang. Berikut ini beberapa jenis datangnya komisi :

  • Pay per sale¬†anda akan mendapatkan komisi bila produk yang anda promosikan di beli. Besaran komisi untuk pay per sale ini biasanya dalam ¬†bentuk persentase misalnya 10% dari harga produk. ¬†Bila harga produknya Rp500.000,- anda akan mendapatkan komisi sebesar¬†Rp50.000,- setiap ada orang yang membeli dari link affiliate anda.
  • Pay per leads¬†anda akan mendapatkan komisi bila ada orang mendaftar/mengisi ¬†formulir yang anda promosikan. Besaran komisi pada setiap orang yang mendaftar bisa berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan mendapatkan orang yang akan mendaftar/leads. Misalnya¬†untuk formulir pendaftaran berupa nama, email, nomor telpon, kota biasanya bekisar antara Rp5000,- hingga Rp50.000,-. per leads. ¬†Sedangkan untuk leads¬†yang harus menyertakan scan KTP/mengisi data kartu kredit biasanya berkisar atnara Rp.100.000,- hingga Rp1.000.000,- per leads¬†.
  • Pay per call¬†anda akan mendapatkan komisi bila ada orang yang menelpon pada pemilik produk yang anda promosikan. Besar komisi untuk untuk jenis pendapatan ini biasanya berkisar antara Rp50.000,- hingga Rp200.000,- untuk setiap panggilan.
  • Pay per instal¬†anda akan mendapatkan komisi bisa ada yang menginstal aplikasi yang anda promosikan. Komisi untuk apps instal bisanya berkisar antara ¬†Rp1000,- hingga Rp25.000,- per instal aplikasi.¬†

Bagaimana proses bisnis affiliate marketing bekerja ?

Secara umum affiliate marketing terdiri dari 3 bagian :

1. Advertiser/Vendor/Pemilik Produk

Pemilik produk biasanya akan menjalin kerjasama dengan affiliate network. Jadi vendor tidak berhubungan langsung dengan affiliate marketer. Affiliate network yang akan berhubungan langsung dengan affiliate marketer untuk pembayaran komisi, link promosi produk, dll. Meskipun ada juga vendor yang langsung membuat program affiliate sendiri.

Contoh Vendor : Bank Sinarmas membutuhkan nasabah baru.

2. Affiliate Network

Affiliate network adalah perusahaan yang menghubungkan pemilik produk dan affiliate marketer. Bila pemilik produk berhubungan langsung dengan affiliate marketer dalam mencari pelanggan baru, tentu membutuhkan karyawan baru & teknologi baru untuk mengelola affiliate marketer. Selain itu, mencari affiliate marketer yang siap untuk mempromosikan produk vendor juga tidak mudah. Biasanya vendor akan bekerjasama dengan affiliate network untuk memudahkan vendor dalam menjalankan program afiliasi.

Contoh Affiliate Network : Accesstrade.co.id adalah salah satu affiliate netwok yang ada di indonesia. Saya juga terdaftar sebagai affiliate marketer di accesstrade.

3. Publisher/Affiliate Marketer

Affiliate marketer adalah orang yang mempromosikan produk afiliasi dan mendapatkan komisi setiap terjadi penjualan.

Contoh Affiliate Marketer : Mail adalah seorang affiliate marketer.

Bagaimana Alur kerja affiliate marketer hingga menghasilkan uang ?

 

Pertanyaan anda tentang affiliate marketing belum terjawab ?  silakan tanyakan pada kolom komentar di bawah ini!


Sumber Gambar : Flickr.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *